6 Cara Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Saat Menikmati Makanan Liburan

Musim liburan biasanya identik dengan makanan lezat dan koktail pesta yang berlimpah. Namun tentu ada kekhawatiran bagaimana menikmati suguhan liburan favorit tanpa menyebabkan gula darah meningkat.

Dokter pengobatan fungsional, Bindiya Gandhi membagikan enam tips utama untuk menjaga kadar gula darah yang sehat selama liburan.

1. Berlatih makan dengan penuh perhatian”Tidak apa-apa untuk memiliki makanan penutup favorit Anda, dan menikmati suguhan itu — saya tidak akan merekomendasikan melakukannya berulang kali dari waktu ke waktu,” ujarnya, seperti dilansir dari laman Mind Body Green. Alih-alih menyimpan tiga jenis pai yang berbeda di dapur Anda, kirim anggota keluarga atau teman ke rumah dengan beberapa potong.

Meskipun Anda tidak boleh melarang diri Anda untuk memakan makanan penutup yang lezat ini, menikmati pai labu sisa setiap malam selama tiga atau empat hari dapat menurunkan gula darah dari waktu ke waktu.

2. Tetep menyempatkan olahragaLuangkan waku latihan interval intensitas tinggi (HIIT) cepat adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Anda tidak hanya mendapatkan banyak keringat dalam waktu singkat, tetapi juga meningkatkan metabolisme dan menstabilkan gula darah Anda. Jika Anda memiliki waktu ekstra, tambahkan beberapa latihan kekuatan.

3. Makan snack yang mengenyangkanMakanlah makanan ringan yang mengandung protein dan serat sebelum Anda pergi liburan. Seringkali Anda mengisi roti, kerupuk, keripik, dan lainnya begitu tiba di sebuah pesta, karena sudah menunggu untuk makan sampai tiba di sana. “Saya sangat menganjurkan untuk mengemil makanan bergizi dan mengenyangkan sebelum Anda pergi, sehingga otak Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan lebih sehat dan mencegah Anda merusak acara utama, makan malam Anda,” ujar Gandhi, menambahkan seperti protein bar, kacang-kacangan, dan biskuit biji rami.

4. Coba puasa intermitenKetika Anda tahu Anda akan makan dalam jumlah besar di pesta makan malam liburan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperpendek wakut makan Anda. Cobalah untuk berhati-hati untuk tidak makan terlalu larut malam (jika bisa), dan juga jam berapa Anda makan pertama kali keesokan paginya. Misalnya puasa 12 jam, dan tingkatkan jika Anda telah berpuasa sebentar-sebentar. Selalu bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah puasa itu aman untuk Anda, karena ada banyak orang yang mungkin lebih berisiko.

5. Rencanakan ke depanUntuk orang-orang dengan pembatasan diet, sangat penting untuk merencanakan ke depan. Anda akan sangat lapar sehingga Anda makan apa pun yang Anda lihat, dan kemudian merasa tidak enak badan. Atau Anda akan sengsara dan lapar tanpa pilihan apa pun.

6. Minum secukupnyaAlkohol dapat mengganggu tidur Anda dan meningkatkan gula darah Anda. “Saya sarankan tetap berpegang pada dua minuman minimum, sebarkan sepanjang malam — teguk dan nikmati, jangan sampai habis!” ujar Gandhi.

Liburan adalah waktu untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, dan tahun ini sangat istimewa karena banyak orang tidak dapat melakukannya tahun lalu. Pastikan untuk berhati-hati, makan makanan enak, dan nikmati waktu berkualitas bersama orang-orang yang Anda cintai—semuanya sambil mempraktikkan tips-tips sehat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.