Luhut Bicara Perbaikan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2022

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan baru-baru ini berbicara tentang perbaikan Sirkuit Mandalika. Langkah itu diambil untuk menyambut MotoGP 2022.

Rencana perbaikan Sirkuit Mandalika ini muncul dari perbincangannya dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah. Sekedar informasi, ketiganya hadir dalam acara WorldSBK Mandalika akhir pekan kemarin.

Kendati begitu, bukan berarti kualitas Sirkuit Mandalika tak begitu baik. Menurut Luhut, Pertamina Mandalika International Street Circuit memiliki standar kelas internasional.

“Ini sirkuit standar kelas dunia, sudah high end-nya dunia. Jadi anak-anak muda patut bangga dengan itu. Kualitas sirkuit ini tentu ada sedikit perbaikan. Tadi Pak Gubernur dan Pak Menhub sepakat akan segera diperbaiki, selesai Maret. Bulan Maret ada seri MotoGP, yang akan dibuat lebih bagus lagi,” kata Luhut dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan bahwa penyelenggaraan WorldSBK di Sirkuit Mandalika memberikan dampak positif bagi perekonomian NTB. Itu terlihat dari meningkatnya pemesanan hotel dan penginapan di sekitar lintasan.

“Pak Gubernur telah melaporkan bahwa di sini tidak ada satupun hotel dan homestay yang kosong, malah harganyanyanaik tiga kali lipat. Sewa mobil juga naik, semua ekonomi menjadi hidup,” jelas Luhut.

Sirkuit Mandalika sendiri sudah dijadwalkan menjadi tuan rumah MotoGP 2022 pada 18-20 Maret tahun depan. Luhut pun memastikan akan ada perbaikan yang menjadikan Pertamina Mandalika International Street Circuit lebih bagus dari sebelumnya.

ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published.