Roket Astra Akhirnya Capai Orbit di Antariksa

Astra kini bergabung dalam daftar perusahaan atau badan antariksa milik swasta yang telah sukses mencapai orbit. Roket miliknya, Launch Vehicle 0007 (LV0007), yang sekaligus melakukan uji membawa muatan militer Amerika Serikat, meluncur dari Pacific Spaceport Complex di Pulau Kodiak, Alaska, pada Sabtu dinihari pukul 1:16 ET atau Sabtu siang, 20 November 2021, pukul 13:16 WIB.

Mengikuti peluncurannya yang berlangsung mulus, roket setinggi 43 kaki atau 13 meter itu tercatat sudah sampai ke ketinggian orbitnya di antariksa, 500 kilometer di atas permukaan Bumi, dalam sembilan menit. “Tim kami sudah bekerja begitu keras selama bertahun-tahun untuk mencapai ini,” kata CEO Astra Chris Kemp usai peluncuran lewat siaran livestreaming.

Dia menambahkan, “Kami memiliki nomor seri roket 8, 9, 10 yang dalam produksi, jadi kami baru saja mulai.”

Kesuksesan peluncuran oleh startup teknologi yang berbasis di California, AS, itu tidak langsung dicapai begitu saja. Sejumlah percobaan peluncuran sebelumnya mengalami kegagalan. Upaya pertamanya dilakukan saat mengikuti kompetisi DARPA pada Maret 2020 yang menguji kemampuan perusahaan rintisan itu untuk merespons permintaan dari militer Amerika Serikat. Saat itu roket Astra tak mampu beranjak mengangkasa karena masalah teknis.

Masih 2020, pada September, Astra sekali lagi berusaha meluncurkan roketnya ke orbit. Tapi, kali itu, masalah dengan sistem penuntun roket memaksa peluncuran berujung prematur. Baru, tiga bulan kemudian, Astra berhasil menembus luar angkasa untuk pertama kalinya, menggunakan Roket 3.2. Namun, dia gagal masuk ke orbit karena kehabisan bahan bakar.

Sebelum akhirnya berhasil pada Jumat lalu, Astra masih sempat melakukan percobaan yang keempat Agustus lalu. Sebuah kegagalan mesin menyebabkan Roket LV0006 bergeser saat peluncuran dimulai, dan roket hanya mencapai ketinggian 31 mil atau 50 kilometer sebelum Astra akhirnya memutuskan membatalkan peluncuran.

Saat ini, Astra bergabung dengan Virgin Galactic, SpaceX, dan Rocket Lab sebagai perusahaan Amerika yang sudah berhasil mencapai orbit dengan roket swastanya.

THE VERGE, NASA

Leave a Reply

Your email address will not be published.