Terpopuler Bisnis: Hemat Triliunan dari LPG Diganti, Calon Presdir CIMB Niaga

Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Selasa kemarin, 23 November 2021, dimulai dari rencana penggantian LPG dengan DME bakal membuat negara bisa berhemat hingga Rp 20 triliun per tahun.

Selanjutnya berita rekam jejak calon Presdir Bank CIMB Niaga Lani Darmawan hingga Menaker diminta turun tangan lindungi pekerja Indosat akibat IM2 berhenti beroperasi.

Adapula berita tentang Erick THohir sentil toilet SPBU berbayar dan perputaran uang di sekitar Sirkuit Mandalika saat World Superbike dan IATC.

Berikut lima berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Selasa kemarin:

1. Bahlil Lahadalia: Negara Hemat Rp 20 Triliun Kalau Ganti LPG dengan DME

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjelaskan tujuan penggantian Liquified Petroleum Gas (LPG) dengan Dimethyl Ether (DME) di masyarakat dalam waktu dekat. Menurut dia, rencana ini bakal membuat negara bisa berhemat hingga Rp 20 triliun per tahun.

“Karena harga DME tidak sebesar LPG,” kata Bahlil dalam acara BeritaSatu Economic Outlook 2022 pada Selasa, 23 November 2021.

Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia mengimpor 5,5 juta ton LPG per tahun. Harga LPG di pasaran dunia yaitu US$ 850 per ton dan pemerintah mengeluarkan subsidi sekitar Rp 60 sampai 70 triliun per tahun.

Untuk itulah, kata dia, pemerintah bakal menyiapkan DME yang merupakan produk dari hilirisasi batu bara kalori rendah untuk menggantikan LPG. Harganya lebih rendah yaitu US$ 650 sampai 700 per ton. “Sehingga kita bisa efisiensi Rp 20 triliun per tahun,” kata dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

123456 Selanjutnya

2. Rekam Jejak Lani Darmawan, Calon Presdir Bank CIMB Niaga Gantikan Tigor Siahaan

PT Bank CIMB Niaga Tbk. telah mengusulkan Lani Darmawan untuk mengisi posisi jabatan Presiden Direktur Perseroan menggantikan Tigor Siahaan. Tigor sebelumnya undur diri dari jabatannya pada 21 Oktober 2021 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei. “Setelah mendapatkan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi dan Dewan Komisaris, CIMB Niaga menominasikan Ibu Lani Darmawan sebagai Presiden Direktur Perseroan, yang akan disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa CIMB Niaga pada 17 Desember 2021,” kata Fransiska, Jumat, 19 November 2021.

Terkait mundurnya orang nomor satu di bank dengan kode saham BNGA itu, perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 17 Desember 2021. RUPSLB itu di antaranya bakal membahas perubahan susunan pengurus perseroan.

Situr resmi Bank CIMB Niaga menyebutkan saat ini Lani Darmawan menjabat sebagai Consumer Banking Director CIMB Niaga. Wanita berdomisili Jakarta itu lulus dari Universitas Trisakti dengan gelar Sarjana Kedokteran Gigi pada 1985.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 123456 Selanjutnya

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting menanggapi pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang meminta fasilitas umum seperti toilet di SPBU Pertamina bisa digratiskan.

“Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik,” kata Irto kepada Tempo, Selasa, 23 November 2021.

Irto mengatakan toilet adalah salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU Pertamina. Karena itu, perseroan akan mensosialisasikan kembali kepada para pemilik SPBU agar meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Tidak hanya layanan bbm namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” ujar Irto.

Sebelumnya Erick Thohir meminta fasilitas umum di Pom Bensin, seperti toilet umum, untuk digratiskan. “Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini (toilet), harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari penjualan bensin, sudah gitu juga ada toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya mendapat fasilitas tambahan,” ujar dia melalui video yang ia unggah pada Instagramnya, Senin, 22 November 2021.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 123456 Selanjutnya

Dinas Koperasi dam UMKM Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyebutkan perputaran uang pada ajang Asian Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di sekitar Sirkuit Mandalika mencapai Rp 10 milar lebih.

“Dampaknya puluhan miliar uang beredar di sekitar area WSBK Sirkuit Mandalika,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah, Ikhsan di Praya, Selasa, 23 November 2021.

Ia mengatakan, ajang World Superbike Sirkuit Mandalika 202I telah mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM di Lombok Tengah khususnya. Selain itu telah memberikan peluang ekonomi bagi pelaku jasa lainnya seperti hotel, restoran dan warung di area KEK Mandalika.

“Ini awal kebangkitan para pelaku UMK di Lombok Tengah. Ke depan tentunya akan lebih baik, terlebih dengan adanya ajang MotoGP 2022 mendatang. Artinya sekitar puluhan miliar perputaran uang di ajang WSBK ini,” katanya.

Sebelumnya, jumlah gerai yang disiapkan bagi para pelaku UMKM Lombok Tengah ada sekitar 50. Ukurannya pun cukup luas.

Gerai UMKM yang disiapkan itu lokasinya berada di area Parkir Barat sebanyak 20 unit dan di area parkir sisi timur Sirkuit Mandalika sebanyak 20 unit.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 123456 Selanjutnya

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia alias Aspek Indonesia turut bereaksi atas berhentinya layanan pelanggan dan operasional PT Indosat Mega Media (Indosat M2) pada tanggal 25 November 2021. Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia Mirah Sumirat meminta Menteri Ketenagakerjaan untuk bergerak cepat untuk turun tangan demi melindungi hak-hak para pekerja yang terdampak.

Mirah menyampaikan terdapat tidak kurang dari 500 pekerja di PT Indosat M2, terancam kehilangan pekerjaan tanpa adanya kepastian perlindungan hak-hak pekerjanya. “Menteri Ketenagakerjaan jangan diam saja, harus segera turun tangan untuk memastikan terlindunginya hak-hak pekerja yang terdampak,” kata Mirah Sumirat dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 November 2021.

Aspek Indonesia sebagai federasi serikat pekerja yang menjadi induk organisasi dari Serikat Pekerja PT Indosat Mega Media (Indosat M2), akan terus mengawal perjuangan para pekerja Indosat IM2 dalam menuntut perlindungan hak-hak ketenagakerjaannya.

Jika PT Indosat Tbk sebagai pemegang saham mayoritas PT Indosat M2, dapat berkomitmen untuk melindungi hak-hak pelanggannya yang terdampak, kata Mirah, maka sudah sepatutnya jika perseroan juga dapat berkomitmen untuk melindungi hak-hak pekerja terdampak.

Apalagi, para pekerja PT Indosat M2 adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian dan kompetensi tinggi, yang selama ini terbukti mampu mengembangkan dan membangun industri telekomunikasi di Indonesia, khususnya dalam memberikan kontribusi kepada Indosat.

Baca berita selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.